Rabu, Januari 01, 2014

Ulang Tahun Mama

Apa arti tanggal 1 Januari untukku?
 
Hari ulang tahun Mama.
 
Setiap tanggal 1 Januari, bukan pergantian tahun yang kami nantikan, tetapi kami menantikan saat untuk mencium Mama dan mendoakannya. Itu yang kuingat dari masa kecilku. Papa selalu mengingatkan kami untuk menunggu sampai tengah malam, agar tepat di awal 1 Januari kami bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada Mama dan biasanya Papa sudah menyiapkan hadiah atau kejutan untuk Mama. Hingga saat ini, setiap di penghujung malam hari terakhir suatu tahun, yang kuingat hari berikutnya adalah hari ulang tahun Mama. 
 
Tahun ini hampir empatbelas tahun berlalu  Papa  berpulang kepada Yang Maha Pencipta, berarti selama itu pula tidak ada hadiah dan kejutan di hari ulang tahun Mama, karena kami anak-anaknya tidak pernah pandai menebak keinginan sang Bunda. Setiap kali hanya sebuah ucapan doa dan kecupan yang kuberikan untuknya, itu pun tidak lagi kulakukan tepat di waktu pergantian hari.
 
Aku tahu, pasti ada kekecewaan di hatinya. Namun tak pernah sedikit pun beliau menunjukkannya. Mama selalu menjadi sosok yang penuh semangat dan ceria di mataku. Kenyataannya memang seperti itulah mamaku, seorang ibu rumah tangga yang selalu bersemangat, riang gembira, berbahagia dengan apa pun yang Allah berikan kepadanya dan tidak pernah berlebihan dalam kecukupan serta tidak kekurangan dalam kesempitan.
 
Kini aku mengikuti jejaknya, memutuskan untuk menjalankan profesi yang sama dengan dirinya. Setelah dua tahun berselang menjadi ibu rumah tangga, aku harus mengakui kehebatan mamaku, setia dengan profesinya selama 40 tahun, karena aku masih meragukan kesanggupanku untuk bisa sepertinya, apalagi melebihinya. Mamaku selalu menjadi guruku hingga saat ini, mungkin itu juga yang membuatku bertahan.
 
Mama, terima kasih atas semua yang telah engkau berikan kepada kami.
Semoga Allah selalu melimpahkan kasih sayang-Nya kepadamu, menjagamu untuk selalu berada di jalan-Nya, memberikan kelapangan rizki, kesehatan dan keberkahan dalam sisa umurmu, dan menetapkanmu sebagai hamba-Nya yang shalih serta khusnul khatimah. Aamiin. 

Tidak ada komentar:

Perjalanan Minim Sampah

Minim sampah dalam perjalanan merupakan sebuah tantangan, namun hal tersebut sangat mungkin dilakukan. Memang tidak semua akan ideal seperti...